Ciri-ciri Gangguan Mental: 6 Tanda yang Sering Terabaikan

Ciri-ciri gangguan mental bervariasi sesuai dengan indikasi penyakit mental yang mungkin dialami. Namun, ada tanda-tanda umum gangguan mental yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Ciri-ciri tersebut antara lain perubahan kepribadian, gangguan tidur, dan gangguan makan.

Ciri-ciri-gangguan-mental-yang-sering-terlewat
Kenali ciri-ciri gangguan mental yang sering terlewat agar kamu bisa mengenali tanda awal penyakit mental

Menjaga kondisi mental agar stabil dan sehat sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita.

Bukan tidak mungkin sewaktu-waktu kita akan mengalami gangguan mental, karena gangguan tersebut sangatlah umum terjadi. Sama seperti penyakit fisik, gangguan mental dapat dialami siapapun.

Untuk mengenali gejala atau tanda jika seseorang mengalami gangguan mental, sebagai langkah awal, perlu dipahami bahwa gangguan tersebut adalah masalah yang mengganggu kestabilan mental, sehingga dapat memengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku seseorang.

Mengenali Ciri-ciri Gangguan Mental

Gejala dan tanda gangguan ini biasanya muncul secara bertahap. Umumnya dimulai dari perubahan pola atau cara berpikir, perasaan emosi, atau perilaku sehari-hari.1

Gangguan mental terjadi ketika terdapat ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak manusia. Inilah yang membuat cara berpikir menjadi terganggu.

Tak hanya dalam pikiran, akibat lain dari gangguan mental adalah perubahan cara bertindak, merasakan dan memandang sesuatu menjadi terganggu pula.2

Selain faktor biologis tersebut, gangguan mental juga dapat terjadi akibat tekanan hidup yang dialami seseorang.

Ada pula faktor genetik, dimana jika ada anggota keluarga atau saudara yang menderita gangguan mental, maka kita juga memiliki peluang untuk mengalaminya pula.

Faktor lingkungan juga turut menyumbang dalam memicu munculnya gejala gangguan mental seseorang.3

Oleh karena itu, gangguan mental sulit didiagnosis.

Hanya dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater dan psikolog yang bisa melakukan diagnosis ini secara akurat, melalui serangkaian proses pemeriksaan yang mendalam.

Namun, kamu bisa mengenali ciri-ciri gangguan mental untuk meningkatkan kesadaran terhadap kondisi mental yang kamu rasakan.

Hal ini berguna agar dapat segera mendapat bantuan dan ditangani sebelum memengaruhi kualitas hidup kita lebih jauh.4

Jenis-jenis Gangguan Mental

Sebetulnya, jika berbicara mengenai gangguan mental, ada banyak jenisnya dengan gejala khas masing-masing yang berbeda satu sama lain. Namun ada pula gejala gangguan mental yang mirip seperti gangguan mental yang lainnya.

Sebelum berusaha mengenali ciri-ciri gangguan mental, kenali dulu beberapa gangguan mental yang umum terjadi;

#1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

ADHD merupakan gangguan yang terjadi pada kinerja otak sehingga menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif dan sulit memusatkan perhatian. Walaupun gangguan ini lebih sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalaminya.

#2. Gangguan kecemasan

Orang dengan gangguan ini seringkali menunjukkan perilaku cemas yang berlebihan, menetap dan sulit dikendalikan, sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-harinya.

#3. Gangguan bipolar

Gangguan ini berupa perubahan suasana hati secara drastis dan menyebabkan penderitanya menunjukkan fase manik (sangat senang) dan depresif (sangat sedih) secara bergantian atau bersamaan.

#4. Depresi

Orang dengan gangguan ini akan merasa sedih terus menerus, merasa putus asa dan tidak bersemangat untuk hidup.

#5. Skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit membedakan antara realita dengan pikiran atau imajinasinya sendiri.

Gangguan ini disebabkan oleh kerusakan pikiran sehingga mereka mengalami pikiran yang tidak sesuai (delusi), mendengar atau melihat bahkan merasakan objek yang sebenarnya tidak ada (halusinasi) dan ketakutan yang tidak logis (paranoid).5

Ciri-ciri Gangguan Mental Tahap Awal

Ada juga beberapa jenis gangguan mental yang hanya terjadi pada suatu kelompok orang, misalnya postpartum depression yang hanya terjadi pada wanita pasca melahirkan.6

Namun, secara umum terdapat 6 tanda-tanda gangguan mental, seperti yang dijelaskan dalam Alodokter, yaitu:

#1. Perubahan kepribadian

Ketika kamu mengalami gangguan mental, orang-orang di sekitarmu mungkin akan merasakan atau memberitahu bahwa kamu terlihat tidak seperti biasanya. Atau mungkin kamu terlihat seolah-olah bersikap seperti orang lain.

Kamu juga mungkin menjadi lebih menarik diri dari pergaulan dan enggan bersosialisasi dengan orang lain.

#2. Perubahan suasana hati atau mood

Cobalah kamu amati, apakah kamu sering merasa cemas, marah, sensitif, sedih berkepanjangan, takut secara berlebihan? Atau apakah kamu mengalami perubahan suasana hati yang drastis?

Perubahan emosi tersebut perlu diwaspadai, terutama jika terjadi secara berulang dan dalam waktu yang cepat.

Misalnya, saat bangun pagi kamu merasa sangat bersemangat dan bahagia, namun menjelang siang tiba-tiba menjadi sangat sedih dan tidak bertenaga. Atau kamu merasa sangat cemas sehingga membuatmu enggan bertemu orang lain dan melakukan aktivitasmu.

Kamu dapat menggunakan aplikasi mood tracker untuk mendeteksi perubahan suasana hatimu. Pencatatan ini nantinya akan berguna saat kamu menemui dokter atau psikolog sebagai salah satu sumber pendukung pemeriksaan.

#3. Gangguan tidur

Sebagian besar orang yang memiliki masalah dengan kondisi mentalnya mengalami gangguan tidur. Gangguan ini bisa berupa tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, sulit tidur, sering bangun di malam hari, atau tidak bisa tidur sama sekali.

Orang yang mengalami gangguan tidur cenderung akan merasa kurang bertenaga, lemas, mengantuk, dan kurang produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

#4. Kesulitan berpikir

Akibat kimiawi otak yang tidak seimbang, orang dengan gangguan mental cenderung mengalami gangguan dalam berpikir.

Bentuk gangguan ini adalah kesulitan dalam mengingat, berkonsentrasi, dan berpikir logis.

Dalam tahap yang lebih parah, orang dengan gangguan mental bahkan bisa mengalami gangguan pola pikir, seperti paranoid, halusinasi, atau tidak bisa membedakan mana yang nyata dan tidak.

#5. Melibatkan diri pada hal berbahaya

Orang dengan gangguan mental cenderung tidak begitu peduli pada kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri, juga orang lain yang ada di sekitarnya.

Tak hanya itu, mereka juga mungkin tidak memerhatikan kebersihan diri dan penampilannya. Selain itu, mereka juga rentan mengalami berbagai masalah perilaku, seperti mengonsumi alkohol, narkoba, hingga percobaan bunuh diri.

#6. Gangguan makan

Kebanyakan orang dengan gangguan mental mengalami gangguan makan.

Ada yang merasa kehilangan nafsu makan, atau justru mengalami peningkatan nafsu makan. Masalah dalam nafsu makan ini bisa menyebabkan malnutrisi, dimana berat badan penderitanya menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi (obesitas).

Selain itu, akibat dari gangguan makan ini juga akan menyebabkan perut terasa nyeri dan memicu penyakit fisik seperti maag, gangguan asam lambung, dan sebagainya. Orang yang mengalami gangguan ini juga terlihat lesu dan tidak bersemangat.7

Ciri-ciri Umum Gangguan Mental

Selain keenam tanda tersebut, dilansir dari Halodoc dan HelloSehat, terdapat tanda-tanda umum lainnya yang muncul saat seseorang mengalami gangguan mental, yaitu:

  • Sering menyendiri dan melamun.
  • Mati rasa atau tak peduli dengan lingkungan sekitar.
  • Sering mendengar suara atau bisikan di telinganya, padahal tidak ada suara atau bisikan apapun. Kondisi ini dikenal sebagai halusinasi.
  • Merasa lelah yang signifikan, tidak berenergi.
  • Merasa putus asa dan tak berdaya.
  • Sering merasa bingung, khawatir, atau takut yang berlebihan pada hal yang semestinya tak perlu ditakutkan. Hal ini adalah tanda awal dari paranoid.
  • Memiliki pengalaman buruk yang tidak bisa dilupakan.
  • Merasa dihantui rasa bersalah.
  • Memiliki keyakinan yang tidak rasional atau tidak masuk akal. Meskipun telah dibuktikan secara objektif, namun ia tetap meyakini kebenarannya. Ini disebut sebagai delusi atau waham.
  • Isi pembicaraannya kacau dan melompat-lompat, cenderung tidak nyambung. Hal ini disebabkan oleh kekacauan pikirannya.
  • Berteriak atau berkelahi dengan keluarga dan teman-teman tanpa sebab yang jelas.
  • Tidak mampu melakukan tugas sehari-hari.
  • Perubahan gairah seks.8

Kamu Memiliki Ciri-ciri Gangguan Mental?

Jika kamu atau orang di sekitarmu ada yang mengalami ciri-ciri gangguan mental di atas, belum tentu hal tersebut menjadi diagnosis pasti gangguan mental.

Namun, jika gejala tersebut dirasa cukup berat hingga mengganggu diri sendiri dan orang lain, menimbulkan masalah dalam pekerjaan atau sekolah, dan membuat sulit dalam beraktivitas sehari-hari, kamu perlu melakukan konsultasi dengan psikiater dan psikolog.

Catatan Kaki

  1. Kevin Adrian, “Tanda Kamu Mengalami Gangguan Jiwa,” last modified September 12, 2019, accessed December 4, 2020, https://www.alodokter.com/tanda-kamu-mengalami-gangguan-jiwa.
  2. Redaksi Halodoc and Fadhli Rizal Makarim, “Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental,” halodoc, last modified September 14, 2020, accessed December 4, 2020, https://www.halodoc.com/artikel/ini-ciri-ciri-seseorang-mengalami-gangguan-kesehatan-mental.
  3. Redaksi Halodoc, “10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu,” halodoc, last modified June 25, 2018, accessed December 4, 2020, https://www.halodoc.com/artikel/10-tanda-kalau-kondisi-psikologis-sedang-terganggu.
  4. Redaksi Halodoc, “10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu,” halodoc, last modified June 25, 2018, accessed December 4, 2020, https://www.halodoc.com/artikel/10-tanda-kalau-kondisi-psikologis-sedang-terganggu.
  5. Redaksi Halodoc, “10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu,” halodoc, last modified June 25, 2018, accessed December 4, 2020, https://www.halodoc.com/artikel/10-tanda-kalau-kondisi-psikologis-sedang-terganggu.
  6. Halodoc and Makarim, “Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental.”
  7. Adrian, “Tanda Kamu Mengalami Gangguan Jiwa.”
  8. Halodoc, “10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu”; Lika Aprilia Samiadi and Tania Savitri, “Penyakit Mental : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan,” Hello Sehat, September 17, 2020, accessed November 30, 2020, https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/penyakit-mental/.

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Pengobatan Bipolar Disorder: Obat, Terapi, & Keluarga

Pengobatan bipolar disorder bertujuan untuk menekan frekuensi episode manik dan depresi agar penderita bisa menjalani hidup layaknya orang normal. Peranan obat-obatan, terapi oleh psikiater...

Ciri-ciri Gangguan Mental: 6 Tanda yang Sering Terabaikan

Ciri-ciri gangguan mental bervariasi sesuai dengan indikasi penyakit mental yang mungkin dialami. Namun, ada tanda-tanda umum gangguan mental yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang....

Penyebab Gangguan Mental: 7 Kebiasaan Pemicunya

Penyebab gangguan mental bisa beragam. Namun, ada 7 kebiasaan yang jika dibiarkan bisa menjadi pemicu munculnya gangguan mental. Kenali kebiasan buruk tersebut agar resiko...

Get in Touch

0FansLike
2,507FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts

Pengobatan Bipolar Disorder: Obat, Terapi, & Keluarga

Pengobatan bipolar disorder bertujuan untuk menekan frekuensi episode manik dan depresi agar penderita bisa menjalani hidup layaknya orang normal. Peranan obat-obatan, terapi oleh psikiater...

Ciri-ciri Gangguan Mental: 6 Tanda yang Sering Terabaikan

Ciri-ciri gangguan mental bervariasi sesuai dengan indikasi penyakit mental yang mungkin dialami. Namun, ada tanda-tanda umum gangguan mental yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang....

Penyebab Gangguan Mental: 7 Kebiasaan Pemicunya

Penyebab gangguan mental bisa beragam. Namun, ada 7 kebiasaan yang jika dibiarkan bisa menjadi pemicu munculnya gangguan mental. Kenali kebiasan buruk tersebut agar resiko...

8 Gangguan Mental Paling Umum

Gangguan mental dapat dialami oleh siapa saja dengan berbagai alasan. Penyuluhan dan edukasi tentang gangguan mental di Indonesia sudah mulai membaik dalam 10 tahun...

Gangguan Bipolar: Kenali Penyebab, Gejala, & Perawatan

Gangguan bipolar bisa dialami oleh siapa saja dengan berbagai sebab. Kenali penyebab bipolar, gejala, dan apa yang harus kamu lakukan ketika dokter mendiagnosa kamu...